Kilas Balik World Physical Therapy Day dari Tahun ke Tahun

8 September menjadi hari yang sangat penting dalam profesi fisioterapis di dunia, karena hari ini dirayakan sebagai World Physical Therapy Day (PT Day). Tanggal 8 September dipilih sebagai PT Day untuk menandai didirikannya World Confederation for Physical Therapy (WCPT) pada 1951 silam.

Logo Hari Fisioterapi Sedunia


PT Day dirayakan di berbagai negara dengan beraneka kegiatan yang bertujuan sebagai sosialisasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap fisioterapi. Mulai dari workshop, jalan santai, hingga aktivitas unik digelar untuk merayakan momen ini. Sebagai kilas balik, berikut aktivitas perayaan PT Day dari beberapa negara, mulai dari tahun 2009 hingga 2017 yang menarik untuk disimak.

2009
Ikatan profesi fisioterapi di Inggris, Chartered Society of Physiotherapy (CSP), mengusung isu obesitas pada anak dalam PT Day 2009. Obesitas pada anak merupakan isu global yang perlu ditangani dengan serius, dan CSP meyakini, fisioterapis memiliki peran penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai persoalan ini. Terutama jika dikaitkan dengan tagline PT Day, yakni “Movement for Health”, mengajak si kecil untuk aktif bergerak merupakan kunci untuk terhindar dari obesitas yang mampu membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

2010
Tahun 2010 menjadi kali pertama British Virgin Islands merayakan PT Day. Momen ini diisi dengan berbagai aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap fisioterapi, serta mengajak masyarakat untuk lebih aktif bergerak. Sementara itu, ikatan fisioterapi di Bermuda memiliki cara yang unik untuk merayakan PT Day. Bermuda Physiotherapy Association menggelar acara di Hamilton Harbour Night yang dihadiri tamu spesial, yakni Elmo, karakter boneka lucu dari Sesame Street. Elmo mengajak para audiens untuk berolahraga dengan gerakan “Elmocise”.

2011
Di India, Bangalore Physiotherapists Network mengisi PT Day 2011 dengan melakukan pembagian donasi makanan, buah, dan pakaian kepada masyarakat yang membutuhkan, serta mengadakan workshop mengenai rehabilitasi fisik. Sementara itu di Serbia, Association of Physiotherapists of Serbia, mengunjungi tiga panti asuhan di kota Belgrade, Novi Sad, dan Nis untuk membagikan donasi matras, bola, dan peralatan olahraga untuk anak-anak.

2012
Kuwaiti Physical Therapy Association (KPTA) mengadakan event terbesar dalam sejarah fisioterapi di Kuwait. KPTA mengadakan kampanye bertajuk “Fit for Life” pada 6-15 September 2012, yang diisi berbagai kegiatan, seperti walkathon, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kaki, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini diadakan di beberapa rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

2013
Untuk menandai PT Day 2013, Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) mengadakan berbagai aktivitas yang berpusat di Jakarta. Aktivitas ini meliputi kelas yoga, pemeriksaan lemak tubuh, penanganan bagi anak-anak pengidap cerebral palsy, serta tes motorik bagi anak.

2014
Ini kali pertama Iran turut serta dalam PT Day yang ditandai dengan berbagai aktivitas dari Iranian Physiotherapy Association. Sementara itu di Malta, Malta Association of Physiotherapists (MAP) menggelar acara bertema “Fit to Take Part” yang berlokasi di Inspire Foundation Malta, organisasi non-profit yang menyediakan layanan terapi dan edukasi bagi penyandang difabel. Dalam momen ini, MAP juga mengedukasi masyarakat bahwa disabilitas bukanlah menjadi halangan untuk meraih hidup yang berkualitas.

2015
Program studi Fisioterapi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali merayakan PT Day 2015 di bawah tema “Keep Active to be Balance with Physical Therapy”. Rangkaian acara ini diisi dengan Charity Art lewat penjualan barang-barang seni yang hasilnya didonasikan kepada Yayasan Peduli Autisme Bali. Ada pula layanan kesehatan gratis bagi masyarakat umum, senam jantung sehat, serta lomba menggambar dan mewarnai untuk anak usia TK dan SD. Universitas Udayana juga menggelar seminar bertema “Brain Gym and Therapy for Reducing Fatigue”, serta kompetisi sains bagi pelajar SMA.

2016
Untuk pertama kalinya, Jepang merayakan PT Day. Japanese Physical Therapy Association (JPTA) menggelar rangkaian acara untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya profesi fisioterapis. Salah satu rumah sakit di Jepang yang turut berpartisipasi dalam PT Day, yakni Yamamoto Daisan, memberikan edukasi bagi masyarakat lansia mengenai pentingnya aktivitas fisik untuk kesehatan. Kesejahteraan masyarakat lansia juga menjadi fokus dalam perayaan PT Day 2016 di Islandia. Pusat rehabilitasi Reykjalundur menggelar aktivitas PT Day di area kolam renang bersama para pasien, termasuk pasien lansia.

2017
Ikatan fisioterapi di Palestina mengusung kepedulian terhadap profesi fisioterapi di jalur Gaza. Berbagai aktivitas dilaksanakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai pentingnya aktivitas fisik dan pengaruhnya terhadap kualitas hidup, serta meningkatkan awareness pakar medis lainnya mengenai peran baru fisioterapi dan pengaruhnya pada kesehatan masyarakat.

Penulis : Rerre Adisty

Posting Komentar

0 Komentar