Saatnya Fisioterapis Indonesia Expert di Bidang Kesehatan Geriatri

Dalam hal keberpihakan terhadap lansia dan promosi gaya hidup aktif, kebijakan kesehatan di Indonesia sudah sesuai dengan isu dunia kebijakan kesehatan global. Sebagai bagian dari komunitas dan kesehatan di Indonesia, fisioterapi harus mampu berkontribusi sesuai lingkup kompetensi fisioterapi : 'gerak dan fungsi' dan keahlian fisioterapi : 'excercise expert'
Bagi saya tema 'lansia' dan 'gaya hidup aktif'yang kerap diusung itu fisioterapi banget . Saya belum pernah membaca catatan pasti seberapa keterlibatan / atau dilibatkannya profesi fisioterapi dalam berbagai kegiatan untuk lansia. Di berbagai puskesmas, kegiatan seperti prolanis dengan senam lansia-nya cukup marak dan menjadi program nasional. Berapa persen fisioterapi terlibat disana?
Kadang kita terjebak di ranah kuratif - rehabilitatif. Kita begitu canggih menghadapi lansia dengan nyeri lutut dan nyeri pinggang atau stroke, tapi sedikit gagap jika harus berhadapan dengan upaya promotif. Kontribusi promotif fisioterapi untuk lansia / geriatri apa?
Di zaman dimana semua rumah sakit harus terakreditasi, lansia punya tempat tersendiri. Setiap rumah sakit wajib memiliki pelayanan geriatri. Dan fisioterapi mendapat peluang bagus disana, lihat PMK 79 tahun 2014 tentang pelayanan geriatri di rumah sakit. Fisioterapi menjadi bagian dari tim pelayanan geriatri. Apa kontribusi fisioterapi untuk poli geriatri?
Di usianya yang ke 50 tahun ini, fisioterapi Indonesia harus mampu menjawab tantangan-tantangan dengan lebih cerdas dan menempatkan profesi ini di tempat yang lebih strategis di berbagai ranah pelayanan kesehatan.
Sudah selayaknya fisioterapi menjadi expert di bidang kesehatan geriatri, baik di ranah promotif, prefentif, kuratif hingga rehabilitatif. Mulai dari fasilitas kesehatan tingkat 1 berbasis komunitas hingga ke fasilitas kesehatan rujukan seperti rumah sakit.
Mengingat pentingnya fisioterapis Indonesia meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan geriatri , Temu Ilmiah Tahunan Fisioterapi ( TITAFI ) 2019 di Balikpapan nanti mengambil tema : "Peran Fisioterapi Pada Kesehatan Lanjut Usia"

Penulis: Wahyu Physio

Posting Komentar

0 Komentar