Pertemuan Ilmiah Rutin ( PIR ) IFI Cabang Purworejo

Bertempat di Sulthan Cafe and Eatery Purworejo, Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Cabang Purworejo melaksanakan Pertemuan Ilmiah Rutin (PIR) sekaligus halal bihalal pada hari Minggu, 30 Juni 2019. Adapun tema acara tersebut adalah Jalin Silaturahmi untuk Optimalisasi Pelayanan Fisioterapi di Kabupaten Purworejo. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dr.Sudarmi, MM, dan beberapa Kepala Puskesmas.
Acara diawali sambutan oleh Ketua IFI Cabang Purworejo, Edi Supriyanto, Sst.Ft, Ftr. Dalam sambutannya, beliau memberikan penjelasan tentang lingkup kerja Fisioterapi di Puskesmas. Dilanjtkan sambutan dari drg.Ekowati Kadiyanti, Kepala Bidang sumber Daya Kesehatan, Promosi dan Kemitraan Kesehatan, beliau memberikan arahan dan motivasi kepada anggota IFI Cabang Purworejo, terutama Fisioterapi yang baru saja menduduki CPNS. Dalam kesempatan ini, dr.Sudarmi, MM berharap, dengan adanya tenaga Fisioterapi dari formasi CPNS yang tersebar diseluruh Puskesmas sekabupaten Purworejo, diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas. Fisioterapi diharapkan berkomunikasi aktif dengan DKK jika mengalami kesulitan.
Ruang lingkup Fisioterapi meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Dibutuhkan inovasi dan "out of the box" dalam pelayanan di Puskesmas. Tidak adanya alat bukan sebuah hambatan, karena Fisioterapi dapat melakukan upaya promotif dan preventif tanpa alat apapun. Sebagai contoh, pemberian latihan pada penderita Hipertensi dan Diabetes Mellitus dapat mengendalikan Gula Darah dan Tensi. Layanan pada ibu hamil, ibu nifas dan bayinya, turut serta dalam UKS, Screening Lansia, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh Fisioterapi di Puskesmas. Materi tersebut disampaikan oleh Ketua PD IFI Jawa Tengah, Kustati Hasanah, Sst.Ft, Ftr.

Kontributor : IFI Cabang Purworejo

Posting Komentar

0 Komentar