IFI Mengeluarkan Surat Edaran Tentang Pelayanan Fisioterapi Saat Pandemi COVID-19

Minggu, 22 Maret 2020

IFI Mengeluarkan Surat Edaran Tentang Pelayanan Fisioterapi Saat Pandemi COVID-19

Menyikapi perkembangan eskalasi pandemi penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Indonesia dan pertimbangan keamanan fisioterapis dalam meny...

Menyikapi perkembangan eskalasi pandemi penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Indonesia dan pertimbangan keamanan fisioterapis dalam menyelenggarakan pelayanan praktek/pekerjaannya, Pengurus Pusat Ikatan Fisioterapi(PP-IFI) mengeluarkan surat edaran yang berisi :

  1. Bahwa setelah melakukan asesmen pelayanan dan penilaian situasi serta kondisi di fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, klinik, dll) masing-masing wilayah, dipersilahkan kepada fisioterapi mengusulkan kepada pihak manajemen untuk melakukan pengaturan pasien, penjadwalan, pembatasan atau penghentian pelayanan fisioterapi
  2. Gunakan APD dan prosedur keamanan pelayanan sesuai pedoman pelayanan fisioterapis (terlampir)
  3. Menghentikan kegiatan home visit
  4. Melakukan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan latihan/exercise di rumah
Surat edaran 009/SE/PP-IFI/III/2020 tertanggal 21 Maret 2020 tersebut dapat digunakan oleh fisioterapis sebagai dasar diskusi dengan managemen rumah sakit atau fasilitas layanan kesehatan untuk mengambil keputusan mengatur penjadwalan, pembatasan atau penghentian layanan fisioterapi sesuai dengan kesadaan masing masing daerah fasilitas layanana kesehatan.

Ikatan Fisioterapi Indonesia juga mengeluarkan Prosedur Keamanan Pelayanan Fisioterapi Selama Masa Pandemi COVID-19 sebagai acuan penggunaan penggunaan APD dan prosedur kemanan pelayanan saat menjalankan tugas profesi.

Surat edaran dan pedoman prosedur keamanan pelayanan fisioterapi selama masa panademi COVID-19 dapat diunduh melalui link di bawah ini :
left-shape