Manajemen Fisioterapi Untuk COVID-19 Akut di Rumah Sakit



Situasi kondisi yang kita hadapi sekarang diibaratkan sebuah perang global yang sebelumnya belum pernah terjadi, dan seluruh dunia perang melawan musuh yang sama, novel koronavirus ( COVID 19).

Sebagai organisasi profesi fisioterapi bagaian dari sistem kesehatan Nasional Indonesia, Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) merasa harus memberikan sumbangsih tenaga profesional dan pemikiran untuk membantu pemerintah dan bangsa Indonesia menghadapi pandemi COVID 19 ini. Untuk itu IFI berupaya mempersiapkan pedoman bagi fisioterapis agar memiliki bekal yang cukup dan kompatibel dengan manajemen tim kesehatan dalam penanganan COVID 19.

Pedoman ini merupakan alih bahasa dari 'Physiotherapy management for COVID-19 in the acute hospital setting.Recommendations to guide clinical practice. Version 1.0' yang dikembangkan di Australia dan diendors oleh Konfederasi Fisioterapi Dunia ( WCPT ) untuk menyajikan informasi kepada fisioterapis, tim medis dan tenaga kesehatan lain di ruang rawat intensif serta para pemangku kepentingan terkait mengenai peran fisioterapi dalam manajemen perawatan akut di rumah sakit rujukan yang memberikan perawatan kepada pasien dengan dugaan atau konfirmasi COVID-19.

Panduan ini berisi perencanaan dan persiapan sumber daya fisioterapis dan memuat lebih dari 60 rekomendasi mulai dari perencanaan shift hingga jenis APD khusus yang harus dikenakan fisioterapis.

Pedoman ini direkomendasikan oleh Perhimpunan Fisioterapi Kardio Respirasi (PAFKRI) dan telah digunakan oleh asosiasi fisioterapi dan perhimpunan fisioterapi kardiorespirasi di berbagai negara di Amerika, Eropa dan Asia.

Saya berharap panduan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama oleh fisioterapis maupun tenaga kesehatan lain dan pemangku kebijakan dalam mengatasi pandemi COVID-19 di negeri ini.

Terima kasih saya ucapkan kepada tim alih bahasa yang telah mendedikasikan diri untuk ilmu pengetahuan, profesi dan kemanusiaan.

Semoga bangsa Indonesia segera melewati krisis kesehatan ini dengan ikhtiar dan doa kita bersama.


Ketua Tim Squad Covid-19 PP  IFI
 


Link Download 
Manajemen Fisioterapi Untuk COVID-19 Akut di Rumah Sakit ( Bahasa Indonesia )

Physiotherapymanagement for COVID-19 in the acute hospital setting.Recommendations to guideclinical practice ( Bahasa Inggris )

Posting Komentar

0 Komentar