Pelantikan Pengurus Pusat Perkumpulan Fisioterapi Indonesia

Pelantikan pengurus pusat Organisasi Profesi Fisioterapi PERFI pun dilaksanakan melalui media daring, Sabtu 17 Juli 2021.

Senin, 19 Juli 2021

Pelantikan Pengurus Pusat Perkumpulan Fisioterapi Indonesia

Kongres Nasional Fisioterapi Indonesia Jogja 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Juni 2021, telah melahirkan pemimpin baru Perkumpulan...

Kongres Nasional Fisioterapi Indonesia Jogja 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Juni 2021, telah melahirkan pemimpin baru Perkumpulan Fisioterapi Indonesia (PERFI), Bapak Parmono Dwi Putro, S.Ft., MM dan Bapak Ahmad Syakib, SKM., S.Ft., MKM  sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum. Dalam menjalankan organisasi, maka dibutuhkan personil-personil yang dapat menggerakkan roda organisasi. Setelah melalui proses diskusi panjang, terpilih 49 fisioterapis untuk duduk di kursi Pengurus Pusat PERFI periode 2021-2026. Pelantikan pengurus pusat Organisasi Profesi Fisioterapi PERFI pun dilaksanakan melalui media daring, Sabtu 17 Juli 2021. Dipandu oleh pembawa acara muda Muhamad Elfitra Salam, Amd.Ft., acara pelantikan dihadiri oleh sejumlah undangan, jajaran pengurus Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) periode 2016-2021, Pimpinan Daerah (PD) serta Pimpinan Cabang (PC) IFI dari seluruh penjuru Indonesia. Acara pelantikan juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Ikatan Fisioterapi Indonesia yang mendapat respons dan dukungan positif dari rekan fisioterapis diseluruh Indonesia yang ikut menyaksikan melalui siaran langsung.


Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IFI. Sebelum melakukan pelantikan Wakil Ketua Umum, Bapak Ahmad Syakib, SKM., S.Ft., MKM terlebih dahulu dibacakan surat keputusan pengangkatan pengurus organisasi profesi PERFI yang diikuti penanyangan profil seluruh calon pengurus PERFI periode 2021-2026 yang dikemas dalam video slide yang apik. Ketua Umum PERFI, Bapak Parmono Dwi Putro, S.Ft., MM kemudian secara resmi melantik dan membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh seluruh Pengurus Pusat PERFI periode 2021-2026 sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan secara simbolis dari Ketua Umum Ikatan Fisioterapi Indonesia Periode 2016-2021, Bapak Muhammad Ali Imron, SMPh, S.Sos, M.Fis kepada Ketua Umum PERFI periode 2021-2026, Bapak Parmono Dwi Putro, S.Ft., MM melalui penayangan video.

Acara yang berlangsung dengan penuh keakraban, dilanjutkan sambutan yang diawali dengan sambutan dari Ketua Umum Ikatan Fisioterapi Indonesia Periode 2016-2021, Bapak Muhammad Ali Imron, SMPh, S.Sos, M.Fis..Dalam sambutannya Bapak Ali Imron mengatakan sangat berbahagia melihat kekompakan dari Fisioterapi seluruh Indonesia dan bahagia melihat wajah-wajah baru yang akan menjadi tulang punggung dalam kepengurusan periode 2021-2026 didukung oleh para senior yang sudah memiliki jam terbang dan kemampuan yang mumpuni. Selanjutnya, beliau tak lupa mengucap syukur kehadirat Allah SWT atas capaian periode 2016-2021 serta mengucapkan terimakasih kepada segenap pengurus IFI, Kolegium, Komisi Etik Profesi periode 2016-2021 serta ketua PD, PC dan anggota IFI seluruh Indonesia atas segala dukungan selama masa jabatan beliau. Bapak Ali Imron menyampaikan bahwa periode 2016-2021 fokus dalam proses pematangan, yang diharapkan untuk dapat dilanjutkan, yaitu kematangan otonomi pendidikan, kematangan profesional, dan yang tidak kalah penting adalah kematangan mental. Berulang kali bapak Ali Imron mengucapkan syukur dan optimis melihat kepengurusan baru ini kedepannya, walau tantangan yang akan dihadapi oleh Fisioterapi Indonesia mendatang sangatlah besar. Sambutan dilanjutkan dengan tayangan video singkat tentang dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab yang dijalankan Pengurus Pusat Ikatan Fisioterapi Indonesia periode 2016-2021 selama melaksanakan tugas.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Umum PERFI periode 2021-2026, Bapak Parmono Dwi Putro, S.Ft., MM yang terlebih dahulu mengajak seluruh hadirin untuk mengheningkan cipta, berdoa sejenak untuk seluruh pejuang Fisioterapi yang telah gugur khususnya disaat pandemi dan pejuang Fisioterapi yang sedang berjuang karena terpapar Covid-19 seraya memohon semoga Allah SWT, Tuhan YME memberikan kekuatan serta kesembuhan. Tak lupa, Bapak Parmono mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua Umum periode sebelumnya, Bapak Ali Imron yang telah meletakan pondasi yang luar biasa bersama kepengurusan periode 2016-2021 untuk kemajuan fisioterapi Indonesia. Beliau juga menyampaikan berdasarkan keputusan Kongres IFI Yogyakarta, beliau meyakini bahwa amanah ini datangnya dari Allah SWT, Tuhan YME melalui perantara para peserta Kongres, dan bersandar kepada Allah SWT, Tuhan YME untuk membimbing, memberi petunjuk dan memberi kekuatan kepada seluruh pengurus. Bapak Parmono menyampaikan bahwa penyusunan pengurus periode 2021-2026 melalui pemikiran dan perenungan yang panjang, hingga dapat tersusun komposisi yang menurut beliau lengkap, terdiri dari Fisioterapis generasi paling awal sampai Fisioterapis fresh graduate, dengan background pendidikan yang sangat lengkap, dari background geografis yang representatif, dari background kompetensi yang mewakili baik bidang pelayanan, pendidikan maupun hukum, IT, manajemen dan administrasi. Beliau berharap semua elemen akan dapat berkolaborasi untuk kemajuan profesi Fisioterapi mendatang. Untuk menghadapi tantangan kedepan dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah dan membutuhkan pejuang-pejuang yang hebat serta membutuhkan data yang akan menjadi kekuatan yang harus diperjuangkan. Dalam akhir sambutannya, Bapak Parmono sedikit menyampaikan terkait penamaan organisasi yang sebelumnya Ikatan Fisioterapi Indonesia menjadi Perkumpulan Fisioterapi Indonesia, namun untuk kelengkapan organisasi dan administrasi untuk sementara masih menggunakan IFI. Acara yang berlangsung sangat hangat dengan penuh optimis menatap masa depan, ditutup dengan doa yang dilaksanakan dengan khidmat yang dipandu oleh Bapak  Rudi Purnomo, S.St.Ft. dari Bidang 1 Organisasi dan Kajian Strategis. (JS/FAD)