Fisioterapis Indonesia ; Mari Berbuat Untuk Long Covid

Kita butuh belajar cepat menangkap situasi dan melibatkan diri dalam kerja-kerja kolaborasi untuk menanggulangi Long Covid ini.

Rabu, 11 Agustus 2021

Fisioterapis Indonesia ; Mari Berbuat Untuk Long Covid

Sejawat Fisioterapis Indonesia, Saat ini data menunjukkan seperempat masyarakat yang sudah pernah terinfeksi virus corona mengalami beberapa...

Sejawat Fisioterapis Indonesia,
Saat ini data menunjukkan seperempat masyarakat yang sudah pernah terinfeksi virus corona mengalami beberapa gejala yang berlangsung selama kurang lebih 1 bulan. Lebih dari 1 dari 10 orang masih merasakan gejala atau belum pulih sempurna hingga 1-2 minggu, 12-15 minggu. Bahkan ada yang memiliki gejala berkelanjutan selama lebih dari 6 bulan.

Kondisi pasca COVID dengan gejala sisa didefinisikan sebagai "COVID dengan gejala menahun" atau disebut dengan Long Covid. WHO dan CDC mendefinisikan Long Covid sebagai “kondisi pasca COVID”.

Long Covid dapat bersifat multidimensional, mencakup gejala dan kerusakan, gangguan aktivitas fungsional. Dengan demikian, Long Covid berdampak pada kemampuan fungsional seseorang, kehidupan sosial dan keluarga, kemampuan bekerja dan kualitas hidup. Karena kompleksnya problem Long Covid maka dibutuhkan pendekatan dari multidisiplin profesi termasuk perhatian dari para stake holder.

World Physio menyatakan bahwa fisioterapis berperan penting dalam rehabilitasi pada penderita Long Covid, untuk menyeimbangkan aktivitas dengan istirahat agar proses pemulihan menjadi optimal. Tema World Physiotherapy Day 2021 yang akan kita rayakan bersama besuk pada tanggal 8 September nanti juga mengangkat tema "Peran Fisioterapi pada Long Covid".

Hari ini saya mengajak sejawat fisioterapi Indonesia menginvestasikan waktu untuk lebih memperhatikan fenomena Long Covid ini dan membaca berbagai sumber rujukan terpercaya terkait Long Covid. Para klinisi, para akademisi, para organisatoris PERFI, pegiat forum-forum studi fisioterapi, komunitas-komunitas muda, kita semua harus bahu-mambahu dan bergandeng tangan untuk segera berbuat. Kita butuh belajar cepat menangkap situasi dan melibatkan diri dalam kerja-kerja kolaborasi untuk menanggulangi Long Covid ini.

Sumber Long Covid : Long Covid Hub - World Physio  

Saatnya berkontribusi untuk kamanusiaan, saatnya berbakti untuk negeri, saatnya berbuat atas nama profesi. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa memberi kekuatan kepada kita semua.

"Orang yang hidup untuk dirinya sendiri akan hidup sebagai orang kerdil dan mati sebagai orang kerdil. Orang yang hidup bagi orang lain akan hidup sebagai orang besar dan mati sebagai orang besar"  __ ( Quotes )

Salam Fisioterapi Indonesia !

PARMONO DWI PUTRO
(Ketua Umum PERFI)

#LongCovidFisioterapi #FisioterapiUntukNegeri #PilihFisioterapi