Logo IFI

IKATAN FISIOTERAPI INDONESIA

The Indonesian Physiotherapy Association
Gambar Berita

Bakti sosial IFI Cabang Banyuwangi bekerja sama dengan STIKES Rustida di Panti Tresna Wredha Banyuwangi

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tanggal 29 Mei, dimana hari lansia ini digunakan sebagai momentum dalam menumbuhkan rasa semangat dan percaya diri lansia untuk terus hidup mandiri serta mempertahankan peran lansia dalam mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. 28/05/2023

 

HLUN pertama kali diresmikan di Semarang pada tanggal 29 mei 1996 oleh presiden Indonesia kala itu yang mana terinspirasi dari tokoh BPUPKI tertua yaitu Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat yang masih bisa memikirkan perlunya gagasan filosofis Negara Indonesia pada usianya nya yang sudah semakin tua.

 

Dalam rangka memperingati HLUN, Ikatan Fisioterapi Indonesua (IFI) Cabang Banyuwangi bekolaborasi dengan Dosen beserta mahasiswa prodi Sarjana Fisioterapi STIKes Rustida untuk melakukan kegiatan bakti sosial di UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha Glenmore, Banyuwangi. 

 

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan Lansia tersebut resmi dibuka oleh Rachmat Widiatmoko AMF selaku Ketua organisasi profesi IFI cabang Banyuwangi. Selain itu juga turut hadir Ketua STIKes Rustida Haswita S.Kp.,M.Kes dan memberikan sambutan acara sekaligus menyampaikan edukasi kepada para Lansia tentang peran Fisioterapi salah satunya menurunkan nyeri yang tidak melulu harus menggunakan obat.

 

Menurut ibu Fildzah Maharani Oddang selaku PJS Ka.Prodi S1 Fisioterapi yang turut berpartisipasi, kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian profesi Fisioterapi terhadap kualitas hidup lansia, terutama secara fisik pada aspek gerak dan fungsional. Dalam kegiatan bakti sosial kali ini terdapat berbagai rangkaian acara yang dilakukan salah satunya dengan memberikan terapi fisik untuk membantu meringankan gejala sakit memberikan sinar Infrared, latihan lingkup gerak sendi, peregangan otot, penguatan otot, koreksi postur tubuh serta edukasi proper body mekanik oleh Fisioterapis. Kegiatan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan asam urat juga dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Fisioterapi di STIKes Rustida.

 

Setelah acara bakti sosial selesai berlangsung, Pengurus IFI cabang Banyuwangi melakukan silahturahmi ke STIKes Rustida, dengan tujuan menjalin keakraban dan keharmonisan bersama organisasi profesi sehingga terciptanya kolaborasi-kolaborasi yang strategis kedepannya.

 

“Harapannya silahturahmi Organisasi dan Institusi Pendidikan terus terjalin dengan baik dan dapat saling bersinergi dalam berbagai kegiatan profesi serta menciptakan momentum untuk kemajuan Fisioterapi dan lrbih bergerak, bermanfaat dan bermartabat.” Ujar Rachmat Widiatmoko, AMF selaku ketua IFI cabang Banyuwangi.

Logo IFI

IKATAN FISIOTERAPI INDONESIA

The Indonesian Physiotherapy Association

Alamat

Jl Hang Lekiu III No 19 Gedung Hernani
Jakarta Selatan Indonesia
(11630)

Ornamen Footer Ornamen Footer

Terhubung dengan IFI

@2023 Ikatan Fisioterapi Indonesia

Develop by AjaxCoding.id